Perayaan HUT OKU Ke 114 PJ. Gubernur Elen Puji Keberhasilan OKU

fokusber | 14 August 2024, 07:34 am | 45 views

 

 

 

 

 

BATURAJA, FBI – Dalam perayaannya HUT Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ke-114 tahun, PJ Gubernur Sumsel, Elen Setiadi memuji keberhasilan OKU yang telah banyak pencapaian prestasi disegala bidang.

Perayaan HUT OKU Ke 114

Hal ini ditegaskan oleh Elen saat Perayaan digelar dalam rapat Paripurna ke-25 DPRD OKU di Gedung Kesenian Baturaja, OKU, Sumatera Selatan.

 

 

“Saya sangat mengapresiasi keberhasilan OKU dalam berbagai prestasi dan bisa menurunkan angka kemiskinan ekstrem yang sangat baik dari tingkat nasional. Ini adalah keberhasilan yang sangat signifikan,” katanya Selasa (30/7/2024).

 

Sementara itu, Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah mengatakan dengan pencapaian tersebut, bukan berarti Pemkab OKU harus berpuas diri, masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan untuk mewujudkan Kabupaten OKU yang tangguh.

 

Apalagi, sambungnya, sejak pandemic Covid-19 sebagian besar anggaran tersedot untuk penanganan wabah tersebut yang memberikan dampak panjang terhadap stabilitas keuangan daerah.

Berpose bersama

“Apa lagi beberapa kali diterpa musibah di antaranya banjir dan kebakaran yang menambah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan melalui kegiatan penanganan pasca bencana baik rehabilitasi maupun rekonstruksi,” katanya.

 

“Harapan kita bersama dengan ujian yang menimpa OKU secara beruntun menjadikan salah satu tahapan bagi Kabupaten OKU untuk naik Kelas dan menjadi lebih tangguh ke depan, dengan kolaborasi dari seluruh pihak tentunya satu per satu permasalahan ini dapat segera terselesaikan dengan baik,” ujarnya.

 

Teddy mengatakan, momen HUT OKU ke-114 ini dijadikan sebagai momentum reflektif untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah dicapai dan dilaksanakan serta memberikan kontribusi dan warna dalam makna perjalanan sejarah kabupaten OKU.

 

“Pada momentum ini kita dituntut untuk mengasah kepekaan dan kejelian serta kemampuan membaca persoalan strategis yang dialami oleh daerah. Momentum ini juga menjadi wahana untuk meneguhkan komitmen bersatu padu memberikan karya dan prestasi terbaik bagi Kabupaten OKU,” ujarnya.

 

Diketahui, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKU terdapat trend positif peningkatan capaian di bawah kepemipinan Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah di antaranya jumlah penduduk miskin di bumi sebimbing sekundang mengalami penurunan sebesar 0.78 % dari 11,46 % pada tahun 2023 menjadi 10,68 % ditahun 2024.

 

Hal itu juga diiringi dengan penurunan tingkat pengangguran terbuka sebesar 0,26 % dari 4,39 % pada tahun 2022 menjadi 4,13 % pada tahun 2023.

 

Pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami kenaikan sebesar 0,76 %, pada tahun 2022 IPM OKU berada diangka 72,41 % sedangkan pada tahun 2023 berada diangkat 73,17 %. Hingga saat ini Kabupaten OKU masih menduduki peringkat pertama untuk IPM di Provinsi Sumsel dalam kategori wilayah otonom kabupaten.

 

Sedangkan untuk Indeks GINI mengalami penurunan sebesar 0,026 % dari 0,347% pada tahun 2022 menjadi 0,321% pada tahun 2023.

 

Dari sisi pengelolaan keuangan daerah Kabupaten OKU kembali meraih Opini Wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI , WTP ini telah diraih 9 kali berturut-turut. Pada bidang lainnya Pemkab OKU telah meraih berbagai macam penghargaan baik tingkat nasional maupun provinsi.

 

Penghargaan itu di antaranya penghargaan Top Indeks Implementasi nilai “berorientasi pelayanan”. Juara 1 Dekorasi Terbaik Festival Anjungan dan Pekan Adat Sumatera Selatan.

 

Kemudian juara Pertama Lomba Inovator Kategori Ketua TP-PKK Kab/Kota Inovatif. Kemudian Penghargaaan Kontribusi Terhadap Sektor Pertanian di Provinsi Sumatera Selata.

 

Penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,

 

Penghargaan Smart City, Penghargaan Predikat Kabupaten/Kota peduli Hak asasi manusia oleh Kemenkumham RI, Penghargaan OKU Bebas Frambusia, Penghargaan TOP BUMD Awards 2024 Kategori Bintang 5, belum lama ini Pj Bupati OKU beserta istri meraih Penghargaan Dharma Karya Kencana serta Penghargaan atas dukungan dan Partisipasi kegiatan Peringatan Harganas ke 31 di Semarang (**)

Berita Terkait