Ormas Menduga Penerimaan PPDB SMAN-4 OKU Bermasalah

fokusber | 27 June 2024, 11:00 am | 271 views

Mukti: Kita Menciumi Adanya Permainan Kotor

Ketua Ormas GMPD OKU, Mukti menunjukkan pengumuman siswa lulus PPDB SMAN 4 OKU didinding sekolah, namun tidak mengumumkan siswa lulus jalur zonasi

 

BATURAJA, FBI – Tercium adanya aroma permainan kotor terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 4 OKU karena sampai masa libur sekolah, pihak sekolah tidak mengumumkan hasil PPDB 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Ormas GMPD OKU, Mukti kepada wartawan, Kamis (27/6) setelah dirinya langsung mengunjungi SMAN4 OKU dan melihat penerimaan PPDB 2024 yang tidak diumumkan seluruhnya.

“Wajar saja jika kita banyak menerima laporan masyarakat terkait penerimaan PPDB SMAN 4 OKU diduga bermasalah. Buktinya sampai sekarang pengumuman PPDB 2024 tidak diumumkan,” katanya.

Masyarakat tentunya dapat menduga bahwa penerimaan PPDB SMAN 4 OKU ada permainan kotor karena siswa lulus jalur Zonasi tidak diumumkan.

“Aturannya sudah jelas bahwa siswa baru atau PPDB 2024 harus diumumkan sebagaimana Peraturan mengenai pengumuman peserta didik tertuang dalam pasal 34 Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 dan Kepsekjen Kemendikbud Riset dan Teknologi Nomor 47/M/2023,” jelasnya.

Mukti menegaskan bahwa wajib pihak SMAN 4 OKU mengumumkan semua siswa PPDB 2024 yang lulus diumumkan secara jelas dan dapat diakses oleh masyarakat. Sementara di SMAN 4 OKU hanya mengumumkan siswa jalur Prestasi, Afirmasi serta jalur pindah yang diumumkan sedangkan jalur zonasi tidak diumumkan.

” Terkait persoalan PPDB SMAN 4 ini kita akan menyurati secara resmi pihak SMAN 4 OKU dan mengadukan persoalan ini kepihak terkait agar Kepsek SMAN 4 segera diambil tindakan,” tegasnya.

Hal ini akan kita lakukan secepatnya , soalnya selama ini kita telah mendengarkan keresahan puluhan wali siswa yang mendaftarkan anaknya di SMAN 4 OKU Jalur Zonasi banyak yang tidak lulus padahal mereka berada dijalur Zonasi 1.

Sementara itu, Kepsek SMAN 4 OKU, Jumiati S.Pd yang coba dihubungi melalui ponselnya dan di pesan melalui WhatsApp Appnya tidak mau memberikan keterangan dengan jelas terkait permainan kotor penerimaan PPDB SMAN4 OKU 2024.

Ketua PPDB SMAN 4 OKU, Jauhari, S.Pd sat memberikan keterangan Pers

Sedangkan Ketua PPDB SMAN 4 OKU, Jauhari, S.Pd yang berhasil dihubungi melalui ponselnya setelah beberapa kali di telepon baru memberikan keterangan dan dirinya mengatakan kalau soal pengumuman siswa baru jalur zonasi dapat ditanyakan langsung kepada Kepsek.

“PPDB SMAN 4 OKU sudah diumumkan yaitu jalur prestasi, afirmasi dan kepindahan orang tua, namun soal jalur Zonasi silahkan tanyakan kepada Kepsek,” jelasnya.

Pantauan dilapangan sejak adanya puluhan wali siswa mendatangi SMAN 4 OKU karena anaknya tidak lulus saat diumumkan padahal mereka berada pada titik jalur zonasi 1, ruang Kepsek terlihat tergembok dan hanya Ketua PPDB SMAN 4 OKU, Jauhari yang memberikan keterangan Pers namun itupun tidak dapat meyakinkan masyarakat karena tidak mampu menjawab secara kongkrit tentang PPDB SMAN 4 secara menyuruh. (**)

Berita Terkait