Polres OKU Belum Dapat Buktikan Keterlibatan Oknum TNI/Polri

fokusber | 11 July 2024, 08:16 am | 775 views

*Terkait Maraknya Praktek Gudang BBM Ilegal Di Baturaja

 

BATURAJA, FBI – Maraknya tempat diduga menjadi Gudang Penimbunan BBM Ilegal yang menjadi tempat pengoplosan, Kapolres OKU, AKBP. Imam Zamroni, S.Ik, MH nyatakan belum dapat membuktikan adanya keterlibatan oknum TNI/Polri.

Foto: Gudang BBM Ilegal terbakar beberapa waktu lalu, 14 Juni 2024. Dua Oknum pemilik yang jadi Buron masih dalam pengejaran aparat

Hal ini diungkapkan Kapolres Imam Zamroni ketika ditanya redaksi FBI melalui sambungan WhatsAppnya, Senin (8/7) lalu.

 

“Keterlibatan oknum TNI/Polri terkait ikut serta dalam Tindak Pidana penimbunan BBM ilegal tsb sampai saat ini blm bisa kami buktikan,” jelasnya.

 

Kapolres Imam Zamroni mengatakan pihaknya akan mengejar dua tersangka, berinisial RN dan YA yang tempat gudang BBM diduga ilegal dan menjadi tempat pengoplosan BBM terbakar, di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat, 14 Juni 2024 lalu.

 

Dari hasil penyidikan yg saat ini sedang diproses oleh Penyidik Satreskrim Polres OKU, telah ditetapkan tersangka kepada an. Riki Noveri dan Yudi Aprianto yg keduanya bertempat tinggal di Kelurahan Batu Kuning Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten OKU.

 

“Mohon doanya dan informasinya semoga 2 orang pelaku tsb bisa segera kami temukan dan amankan sehingga dapat mengungkap modus operandi terkait tindak pidananya yang nantinya akan tergambar jelas apakah ada keterlibatan Oknum2 Petugas TNI/Polri ada didalamnya,” harapnya.

 

Berdasarkan hasil investigasi wartawan FBI, banyak pelaku penimbun BBM ilegal yang diduga kuat menjadi tempat pengoplosan BBM dan adanya oknum aparat yang terlibat sehingga usaha mereka berjalan lancar karena merasa aman.

 

Selain itu, Baturaja menjadi salah satu tempat tujuan pengiriman BBM Ilegal atau BBM mentah yang didatangkan dari Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) yang menjadi bahan untuk dioplos dengan BBM bersubsidi dan dipasarkan lagi di daerah Baturaja, OKU Timur dan OKU Selatan.

 

Lancarnya BBM ilegal ke Baturaja menurut sumber terpercaya karena adanya beking oknum aparat yang turut melakukan pengamanan jalur pengiriman sampai ditempat tujuan. Bahkan maraknya BBM ilegal tersebut bukan saja masuk di Baturaja namun juga masuk ke daerah Kabupaten lainnya di Sumsel. 

 

Kebakaran di Baturaja terjadi selama ini selalu tempat BBM ilegal yang terindikasi kuat tempat gudang pengoplos BBM. Persoalan ini akan terus terjadi apabila jajaran Polres OKU tidak melakukan tindakan tegas kepada pelaku usaha ilegal ini termasuk menindak aparat yang terlibat. (**)

Berita Terkait