Shin Tae-yong Ungkap Kondisi Timnas U23 yang Tidak Baik-baik Saja

fokusber | 9 May 2024, 03:20 am | 47 views

Pelatih Shin Tae-yong mengutarakan bahwa kondisi Timnas U23 Indonesia masih tidak ideal setelah laga-laga yang menguras fisik dan mental di Piala Asia U23 2024. 

Timnas U23 Indonesia menutup perjuangan di Piala Asia U23 2024 dengan kekalahan-kekalahan saat menghadapi Uzbekistan (0-2) dan Irak (1-2, setelah perpanjangan waktu). Pasukan Shin punya waktu hampir sepekan untuk bersiap menghadapi Guinea di laga playoff antarkonfederasi kontra Guinea untuk memperebutkan tiket terakhir menuju Olimpiade Paris 2024. 

Namun, kondisi tim ia katakan tidak ideal. Selain kehilangan Rizky Ridho yang skorsing dan Justin Hubner yang sudah dipanggil kembali ke Cerezo Osaka, kini pelatih Shin juga mengatakan bahwa skuadnya jauh dari kondisi 100 persen.

Apalagi, Elkan Baggott juga dikatakan tak bakal bergabung dengan skuad Garuda Muda pada laga yang akan bergulir di Clairefontaine, markas latihan Timnas Prancis, tersebut. “Ada beberapa kesulitan dan tantangan, mungkin bisa dibilang tak banyak pemain,” ujarnya kepada media via sambungan Zoom pada Rabu (8/5/2024) malam WIB. “Ada beberapa pemain yang pergi ke klub masing-masing dan seharusnya ada di sini.” “Beberapa pemain tidak bisa dilepas dari klub dan ada beberapa yang cedera ringan seperti cedera otot karena dalam waktu singkat kami memainkan banyak laga.”

“Saya tak bisa bicara terlalu detail tetapi cedera-cedera otot dan cedera ringan ini membuat kami semakin sulit.” Shin pun mengatakan, hal yang bisa ia lakukan adalah memberi timnya waktu istirahat dan mengasah mental mereka. Apalagi, ia juga mengatakan bahwa laga kontra Guinea tersebut terjadi karena “banyak keputusan salah dari wasit.”

Namun, ia juga mengutarakan bahwa timnya masih punya kesempatan untuk ke Olimpiade apabila bisa mengalahkan wakil Afrika tersebut. “Jadi, sekarang kami harus kerja keras untuk melewati masalah-masalah yang dihadapi,” tuturnya menambahkan. “Memang kami tak bisa membawa hasil yang dinantikan dengan kekalahan dari Uzbekistan dan Irak. Jadi, situasi semakin sulit.” “Ini terjadi karena kekurangan kami sendiri, pertama kekurangan saya sendiri dan juga para pemain.”

sumber: https://www.spiritriau.com/Olahraga/Shin-Tae-yong-Ungkap-Kondisi-Timnas-U23-yang-Tidak-Baik-baik-Saja–

Berita Terkait